Perpustakaan BPK Hadiri Peluncuran Titikbaca di Badiklat PKN

20 September 2024 Risa Trihastuti

Array

Jakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK meluncurkan layanan Titikbaca bagi pegawai dan peserta diklat. Acara digelar di Perpustakaan Badiklat PKN Kalibata pada Kamis (19/9/2024). Peluncuran tersebut secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Sekretariat Badiklat PKN, Riyanto. Acara dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri secara luring oleh 26 orang serta secara daring oleh seluruh pegawai di lingkungan Badiklat PKN.

Dalam sambutannya, Bapak Riyanto menyampaikan bahwa pegawai yang berada di lingkungan Badiklat PKN sangat erat kaitannya dengan literasi dan perpustakaan. Keberadaan Titikbaca ini bertujuan agar dapat memberikan akses yang lebih luas dan mudah kepada pembaca di lingkungan Badiklat PKN atas sumber informasi digital yang lebih komprehensif. Diharapkan Titikbaca ini dapat memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kegemaran membaca di lingkungan BPK. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan fungsi perpustakaan yang pada akhirnya dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja di internal BPK maupun peserta diklat yang berasal dari eksternal.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Kepala Subbagian Perpustakaan, Dewi Kaniasari yang menyampaikan sosialisasi layanan dan koleksi Perpustakaan. Sejalan dengan tugas Badiklat PKN untuk meningkatkan kompetensi/profesionalisme pegawai dan calon pegawai di lingkungan BPK, Perpustakaan merupakan institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Untuk itu, perpustakaan BPK senantiasa berusaha menyediakan layanan dan koleksi terbaik terutama koleksi digital yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pegawai BPK se-Indonesia.

Penjelasan dilanjutkan oleh Penelaah Teknis Kebijakan pada Subbagian Perpustakaan, Risa Trihastuti guna menjelaskan repositori institusi yang dikelola oleh Perpustakaan BPK pada aplikasi SIPuspa. Perpustakaan sebagai pusat repositori institusi BPK berusaha menyajikan koleksi, data dan informasi secara komprehensif melalui kolaborasi dengan satuan kerja di lingkungan BPK. Salah satu repositori yang mendukung pelaksanaan riset di lingkungan BPK adalah database Skripsi/Tesis/Disertasi yang merupakan karya dari pegawai BPK. Selain itu, terdapat Program Study Buddy yang merupakan pendampingan dalam proses pelaksanaan karyasiswa serta dukungan dalam penyusunan tugas akhir dengan mengadakan berbagai kegiatan baik berupa sharing knowledge maupun diskusi kelompok terpumpun. Seluruh informasi terkait kegiatan Program Study Buddy ini diunggah pada fitur “Events” pada aplikasi SIPuspa guna memudahkan akses bagi seluruh pegawai BPK.