BPK Gelar Rakornis Kehumasan di Yogyakarta

17 September 2024 Risa Trihastuti

Array

Yogyakarta – Biro Humas dan Kerja Sama Internasional menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Teknis (Rakornis) Kehumasan Tahun 2024. Hadir dalam acara tersebut yaitu Sekretaris Jenderal BPK RI, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan DI Yogyakarta, Para Kepala Sekretariat Perwakilan, Kepala Museum BPK, para Kepala Subbagian Humas di BPK Perwakilan, Badan Diklat PKN dan Balai diklat PKN, serta pelaksana humas di BPK RI. Mengambil tema “Sinergi Humas untuk BPK Semakin Berjaya” rakornis dihadiri oleh total 164 orang peserta. Acara bertempat di Hotel Melia Purosani Yogyakarta yang berlangsung pada Rabu – Jumat, 11 – 13 September 2024.

Rakornis diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Biro Humas dan KSI, Teguh Widodo yang menyampaikan bahwa Rakornis Kehumasan 2024 ini bertujuan untuk bertukar pikiran, menyamakan persepsi, dan merumuskan solusi atas tantangan-tantangan yang kita hadapi, baik kini maupun masa depan. Acara dilanjutkan dengan pembukaan dan pengarahan dari Sekretaris Jenderal BPK RI, Bahtiar Arif. Disampaikan enam poin penting terkait Humas BPK yaitu (1) strategi komunikasi dan Juru Bicara, (2) penguatan komunikasi kepada stakeholder baik eksternal maupun internal, (3) tindak lanjut atas rekomendasi peer review Tahun 2024, (4) peningkatan peran BPK dalam kancah internasional, (5) penguatan hubungan antarlembaga, serta (6) penguatan kompetensi insan humas BPK. Selain Itu Sekjen BPK mengharapkan agar humas BPK memiliki kinerja yang lebih baik, memberikan pelayanan yang lebih optimal, serta implementasi strategi komunikasi yang efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap BPK.

Hari pertama rakornis diisi dengan paparan dan diskusi panel dengan berbagai tema kehumasan yaitu hasil peer review 2024 dan capaian BPK di dunia internasional; pelayanan informasi publik; pengelolaan pengaduan etik/pelanggaran ASN di lingkungan BPK dan sidang sengketa informasi publik; digitalisasi MoU dan pengelolaan magang/penelitian di BPK; monitoring-analisis berita dan pemanfaatan ekliping untuk peningkatan layanan perpustakaan; serta public awareness campaign melalui media sosial BPK.

Hari kedua rakornis diisi dengan penyampaian langkah penyusunan strategi dan taktik komunikasi serta sosialisasi Awarding Kehumasan Tahun 2024. Sesi kedua dilakukan diskusi kelompok yang dibagi menjadi 9 tema strategis kehumasan BPK. Acara dilanjutkan dengan diskusi panel pembahasan bersama permasalahan kehumasan hasil diskusi masing-masing kelompok. Hasil pembahasan tersebut akan dikompilasi sebagai masukan dan bahan pertimbangan Biro Humas dan Kerja Sama Internasional untuk meningkatkan kinerja kehumasan di lingkungan BPK kedepan.

Subbagian Perpustakaan mengambil peran dalam menyampaikan pemaparan terkait pemanfaatan kliping elektronik yang disimpan sebagai repositori institusi BPK. Selain itu, selama rakornis berlangsung Subbagian Perpustakaan juga menyediakan layanan konsultasi bagi pengelola kehumasan yang memiliki pertanyaan atau permasalahan terkait pengelolaan perpustakaan di satuan kerja masing-masing. Materi konsultasi yang disampaikan berupa bimbingan teknis perpustakaan, POS Pelayanan Perpustakaan dan IK terkait perpustakaan, registrasi dan pemanfaatan ePerpus, eKliping dan IMA, layanan ebooks dan ejournal, akreditasi perpustakaan, pengelolaan buku perpustakaan melalui SIPuspa, stock opname koleksi perpustakaan sertaTitikbaca. Acara Rakornis hari ketiga dilaksanakan social program kehumasan di Magelang dan ditutup dengan kunjungan ke Museum BPK di Magelang, Jawa Tengah.