Tingkatkan Layanan Perpustakaan dengan Teknologi Informasi

07 Mei 2024 Risa Trihastuti

Array

Jakarta – Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Yudi Ramdan Budiman menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam memberikan layanan perpustakaan di lingkungan BPK. Hal ini disampaikan saat membuka acara “Bimbingan Teknis Layanan Sirkulasi Menggunakan Aplikasi SIPuspa” melalui zoom meeting pada Kamis, (2/5). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Subbagian Perpustakaan setiap tahun untuk memperkuat dan melanjutkan keterampilan serta wawasan dalam mengelola perpustakaan yang telah menggunakan aplikasi SIPuspa. Aplikasi ini sangat dinamis dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan pengelola perpustakaan dan hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari fitur ekosistem teknologi informasi di BPK.

Tantangan yang dihadapi di lingkungan BPK adalah pengelola perpustakaan yang selalu berganti sehingga transfer knowledge sangat diperlukan. Biro Humas dan Kerja Sama Internasional sebagai unit in charge pengelolaan perpustakaan di BPK selalu mengutamakan adanya kesinambungan tentang pemahaman bagaimana mengelola perpustakaan dengan menggunakan teknologi informasi. Bimtek ini menjadi sarana untuk mendiskusikan permasalahan yang penting dihadapi agar bentuk pelayanan perpustakaan di BPK semakin meningkat.

Peran perpustakaan menjadi penting karena kebutuhan literasi informasi, pengetahuan dan pengalaman sebagai support guna mendukung pelaksanaan tugas di BPK. Untuk itu, perlu ditunjukkan bahwa layanan perpustakaan di lingkungan BPK telah sesuai dengan layanan yang ditetapkan secara nasional. Hal ini bisa dicapai dengan dengan memanfaatkan SIPuspa secara maksimal dalam memberikan layanan perpustakaan.

Narasumber pertama yaitu Dewi Kaniasari, Kepala Subbagian Perpustakaan yang menyampaikan bahwa bimtek ini merupakan salah satu upaya pengembangan pengelolaan perpustakaan di lingkungan BPK RI. Hal ini sesuai dengan salah satu tugas Subbagian Perpustakaan yaitu memberikan arah kebijakan dan pembinaan perpustakaan di lingkungan BPK. Kegiatan bimtek akan dilaksanakan secara berkesinambungan pada bulan Mei s.d. Agustus 2024 dengan materi layanan sirkulasi perpustakaan, pengelolaan kliping elektronik, pengolahan koleksi buku tercetak, dan pelaksanaan stock opname.

Narasumber kedua adalah Budi Budiman dan Tuti Ariyani yang membedah POS Pelayanan Perpustakaan sebagai pedoman bagi pengelola perpustakaan di lingkungan BPK. Dijelaskan terkait layanan sirkulasi yang meliputi peminjaman, pengembalian dan perpanjangan masa peminjaman. Layanan sirkulasi dilakukan melalui aplikasi SIPuspa, termasuk penyimpanan bukti peminjaman secara elektronik. Selain itu, dijelaskan juga terkait aplikasi gerbang yang telah tersedia di aplikasi SIPuspa untuk mencatat jumlah kunjungan ke perpustakaan.

Pemanfaatan aplikasi SIPuspa bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data layanan perpustakaan sehingga tidak perlu lagi dilaksanakan secara manual. Aplikasi ini telah mengakomodir data kunjungan pemustaka, data peminjaman, data pengembalian, data perpanjangan, data penagihan bahan pustaka yang terlambat dikembalikan, dan data lainnya. Data-data tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan perpustakaan.