Focus Group Discussion

27 Agustus 2019 Budi Budiman



Kegiatan Focus Group Discussion dengan Tema “Academic Wiriting” yang dilaksanakan pada 20 Agustus 2019 di Selasar Galeri BPK merupakan kegiatan transfer knowledge dan peningkatan wawasan bagi pegawai BPK yang sedang dan telah selesai mengikuti pendidikan S2 dan S3. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pegawai BPK tentang perlunya kemampuan yang memadai dalam penulisan akademik.

Di samping itu, agar pegawai BPK dapat terdorong untuk meningkatkan kompetensinya pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan termotivasi untuk dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk promosi layanan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca pegawai di lingkungan internal BPK.

Serta merupakan implementasi fungsi dan tujuan perpustakaan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kegiatan Diskusi diawali dengan pembukaan oleh Wakil Ketua BPK RI. Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK RI menjelaskan pentingnya kemampuan dalam penulisan akademik serta memotivasi pegawai BPK untuk tetap aktif dalam menulis dan berkiprah dalam dunia pendidikan.

Setelah itu, beliau menjelaskan tentang banyaknya program beasiswa yang dapat diikuti oleh pegawai BPK dengan harapan para pegawai memanfaatkan beasiswa tersebut dengan maksimal agar dapat menambah kompetensi untuk mendukung tugas pekerjaan.

Kegiatan Focus Group Discussion dengan Tema “Academic Wiriting” disampaikan oleh Prof. Dr. Peter John Wanner dari Tohoku University sebagai narasumber dan Prof. Dr. Ismail Suardi Wekke dari STAIN Sorong sebagai moderator.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Diskusi berjumlah 88 orang, namun pada saat pelaksaanaan peserta yang bisa hadir berjumlah 67 orang pegawai.